Peserta Tawa Ceria dengan antusias mengikuti terapi tawa

Meskipun dibalut oleh mendung tipis di langit Jakarta, Minggu pagi (18/03), Kemeriahan dan antusias peserta Klub Tawa Ceria Indonesia (KTCI) begitu terasa. Dengan hadirnya sekitar 500-an orang yang mengikuti terapi tawa pagi tadi, mereka berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dimulai dengan pemanasan yang unik ala “KTCI” yang berfungsi untuk menyiapkan kondisi tubuh agar dapat lepas dalam melakukan tawa bersama nantinya. Selain pemanasan diberikan juga berbagai teknik yang ditujukan untuk melenturkan, merilekskan tubuh dan melatih pernapasan sehingga bisa merawat kesehatan para peserta secara holistik.

Kemudian selama 30 menit peserta dipandu untuk masuk kedalam program inti yaitu tawa bersama, fasilitator KTCI memberikan berbagai teknik yang bertujuan untuk memancing tawa peserta. Dirasakan oleh hampir semua peserta begitu mulai tertawa maka tidak bisa berhenti tertawa, dengan tertawa selama 30 menit tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang sangat berguna untuk kesehatan.

Teks Lagu yang selalu menyemangati peserta KTCI

Diakhir sesi terapi Dr. Janfrional memberikan tips kesehatan tentang pentingnya bangun pagi, “Dengan membiasakan diri untuk selalu bangun pagi tubuh akan mengeluarkan hormon asam laktat  dan itu tidak terjadi jika seseorang bangun siang hari”.

Jika seseorang bangun siang hari yang mengakibatkan asam laktat tersebut akan menumpuk dalam tubuh yang mengakibatkan otot menjadi kaku dan orang tersebut akan gampang terkena reumatik.

Tawa Lepas tiap peserta terapi

Dr. janfrional juga menambahkan, “Bagi penderita astma atau ‘bengek’ kalau bangun pagi hormon kortisol nya sangat rendah sekali jadi akan sangat mudah untuk mengontrol astma tersebut agar tidak sering kambuh.”

Manfaat bangun pagi juga berlaku untuk penderita diabetes karena berhubungan dengan hormon kortisol yang berada pada titik rendah jika bangun pagi sehingga akan mudah melakukan pengendalian gula darah pada diabetes.

Seorang peserta yang tidak bisa menghentikan tawanya

Lepas dari manfaat bangun pagi untuk meminimalkan resiko kambuh pada suatu penyakit, dengan penjelasan diatas tentang kebiasaan untuk bangun pagi dan banyak tertawa  juga sangat baik bagi orang-orang yang sehat pula tentunya, karena bangun pagi akan banyak memproduksi hormon-hormon yang berguna bagi terpeliharanya kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.

Akhirnya semua peserta terapi tawa pulang dengan membawa keceriaan dan pemahaman baru tentang kesehatan holistik yang sejatinya mudah untuk didapatkan dengan tips-tips yang sudah diberikan.

Reportase : Selamet JR – Photo: Prabu Dennaga

Klub Tawa Ceria Indonesia (KTCI) di adakan setiap 2 minggu sekali di Monas, untuk info lebih lanjut bisa menghubungi : Isty di nomor 0818.089.41.999. – Follow us on Twitter: @klubtawa – FB: Klub Tawa Ceria Indonesia

Open

Untuk Informasi dan Program Silahkan Menghubungi: Phone/WA: 081910473460 - Email: haryadi@pelatihannse.com